Hasil Wawancara Kepala Toko ALFA MIDI
Nama Perusahaan : PT. MIDI UTAMA INDONESIA
Alamat Perusahaan : JL. Jababeka, Cikarang
Bidang Usaha : Retail
Berdiri Sejak : 2007
Jumlah Karyawan : Lebih dari 1000 karyawan.
Cabang : Bekasi
Planning
1. Bagaimana perusahaan tersebut dalam membuat budgeting?
- Dalam pembuatan budgeting perusahaan merencanakan anggaran kebutuhan-kebutuhan outlet (store) berkala seperti : mingguan, bulanan, pertiga bulan, enam bulan, dan anggaran pertahun.
2. Bagaimana perusahaan tersebut dalam membuat Man Power Planning?
- Dalam pembuatan Man Power Planning perusahaan ini menyesuaikan dengan omset setiap outlet yang ada dan yang menjadi tolak ukur dalam Man Power Planning adalah SPE.
3. Bagaimana untuk pengembangan bisnis 3-5 tahun kedepan.?
- Untuk pengembangan bisnis ini 3-5 tahun kedepan perusahaan melakukan peningkatan produk dan item-item baru serta memperluas jaringan untuk kerja sama dengan perusahaan lain.
-
4. Apa visi dan misi yang ada di dalam perusahaan tersebut?
- Visi : Menjadi jaringan Retail yang menyatu dengan masyarakat, mampu memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan, serta memberikan kualitas pelayanan yang terbaik.
- Misi :
1. Memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan berfocus pada product dan pelayanan yang berkualitas.
2. Menegakkan tingkah laku/etika bisnis yang tertinggi.
3. Menumbuh-kembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha
4. Membangun organisasi yang terpercaya, sehat, terus bertumbuh, dan bermanfaat bagi pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya.
Organizing
1. Gambarkan struktur organisasi di perusahaan tersebut ! Apakah struktur organisasi yang ada sudah efektif ? apabila ya jelaskan ! Apabila belum, apa upaya efisien / restrukturisasinya?
- Gambaran struktur organisasinya yaitu :
General Manager –Brand Manager-Deputi Brands Manager-Area Manager-Area Koordinator-Chief of Store-Assisten Chief of Store-crew (karyawan)
- Sudah Efektif : Karena Sudah berjalan sesuai SOP.
2. Jelaskan deskripsi pekerjaan yang ada dalam struktur tersebut !
- General Manager : Mengontrol dan evaluasi kinerja cabang diseluruh daerah
- Brand Manager : Mengontrol dan evaluasi Cabang di daerahnya
- Deputi Brand Manager : Membantu kerja BM
- Area Manager : Mengontrol dan mengelola Area Koordinator
- Area Koordinator : Mengontrol dan mengawasi kerja chief of store
- Chief of store : Bertanggung jawab atas outlet yang di pimpin
- Assisten chief of store : Membantu chief of store dalam memimpin outlet
- Crew (Karyawan) : Memberikan pelayanan terbaik kepada setiap costumer yang datang.
3. Metode apa yang digunakan untuk melakukan pemetaan karyawan?
- Melakukan Assesment penilaian kinerja dan hasil dari assessment dilakukan MDP (Management Development Program).
Actuating
1. Bagaimana cara mengaplikasikan visi dan misi yang dimiliki perusahaan tersebut?
- Meningkatkan budaya kerja yang baik sesuai visi dan misi
2. Bagaimana cara menilai kinerja karyawan ? metode apa saja yang digunakan
- Mengamati karyawan dari segi pengelolaan store.
3. Apabila dalam implementasinya terjadi keselahan / penyimpanan dalam organisasi, tindakan apa yang dilakukan ? apakah sudah pernah ada kasus semacam itu? ceritakan
- Apabila terjadi penyimpangan atau kesalahan maka dikeluarkannya SP bagi karyawan yang melanggar. Tergantung tingkat penyimpangan
- kasus yang pernah terjadi adalah penggelapan uang outlet dan sanksi yang diberikan adalah penggantian rugi, di PHK, serta dikenakan hukum pidana.
Controling
1. Bagaimana pengendalian semua proses dalam organisasi?
- Pengendalian persediaan, penjualan, margins, biaya, administrasi, lingkungan kerja yang kondusif, serta underincome.
2. Apakah audit dilakukan berkala? Apa saja yg di audit?
- Iya berkala sebulan sekali. Yang di audit yaitu seperti inventori barang dan asset, administrasi dll.
3. Bagaimana mengontrol bahan baku/layanan terhadap customer?
- melakukan briefing kerja dan evaluasi kerja setiap hari.
4. Bagaimana mengelola ketersediaan bahan baku?
- Dengan system order dan melihat tingkat penjualan setiap harinya.
5. Bagaimana mengelola infrastruktur kantor agar lebih efektif dan efisien?
- Membuat lingkungan senyaman mungkin, mempermudah akses costumer, serta menyediakan ketersediaan fasilitas umum.
kesimpulan :
Dari hasil wawancara dengan beberapa peranyaan diatas dapat disimpulkan bahwa perusahaan diatas sudah melaksanakan beberapa point yang kami tanyakan yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Serta organisasi di perusahaan tersebut sudah berjalan dengan baik dengan marketing pasar yang baik sehingga adanya peningkatan omset setiap tahun dan jumlah outlet yang terus bertambah.
Nama Aziz abadi
Nama Aziz abadi
0 komentar:
Posting Komentar